KHOTBAH EKSPOSISI NARASI YANG KREATIF DAN KONTEKSTUAL BAGI ANAK-ANAK GENERASI Z USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Gereja memiliki tugas untuk membina setiap warga gerejanya. Sekolah Minggu merupakan program pembinaan warga gereja bagi anak-anak untuk mengenalkan mereka kepada Tuhan Yesus. Salah satu cara untuk mengenalkan anak-anak kepada Tuhan Yesus adalah khotbah eksposisi narasi. Anak-anak yang dilayani yaitu para generasi Z yang berusia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan cara khotbah eksposisi narasi yang kreatif dan kontekstual bagi anak-anak generasi Z usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan metode hermeneutika teks Alkitab dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah khotbah eksposisi narasi kreatif dan kontekstual bagi anak-anak generasi Z usia 5-6 tahun. Metode khotbah ini merupakan metode khotbah yang isinya didasarkan pada proses hermeneutika yang benar dan disampaikan secara kreatif serta kontekstual sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak.
Kata kunci: Khotbah Eksposisi Narasi, Generasi Z, Anak 5-6 tahun.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Khaliq Ramadlani, Khalig, Abdul dan Wibisono, Marko, Visual Literacy And Character Education For Alpha Generation, Malang: Faculty Of Letters, Universitas Negeri Malang, 2017
Ádám Nagy, Adam and Kölcsey, Attila, Generation Alpha: Marketing or Science?, Acta Technologica Dubnicae, vol. 7, issue 1, 2017
Chung, Christine, dkk, “Teaching Generation Z at the University of Hawai”, Hawai: [t.p], 2016
Desmita, Psikologi Perkembangan Anak, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010
Ginting, BR. "Peranan Guru Sekolah Minggu dalam Proses Pengajaran di Sekolah Minggu." UKSW, Salatiga, 2013.
Greidanus, Sidney. Preaching Christ from the old testament. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
https: //en. wikipedia. org/wiki/Child_development, diakses 6 Februari 2019
Hulst, S. Mary, Pedoman Khotbah Lengkap, Jakarta: Waskita, 2018
L, Richard. Penginjilan di Sekolah Minggu. USA: The Gospel Publishing House, 1983.
Permendiknas tentang Pendidikan Anak Usia Dini, Nomor 137 tahun 2014
Rothman, Darla. "A Tsunami of learnes called Gen Z." Mdle , 2014: Vol 1, Issue 1.
Ruth Laufer, Anni Dyck. Pedoman Pelayanan Anak. Surabaya: Bahtera, 2014.
“Seminar Pelatihan Superbook”, Caruban,: 4 Mei 2018
Shahar, Ben, and Happier T, Learn the Secrets to Daily Joy and Lasting Fulfillment.USA: McGraw-Hill Companies, 2007
Shelly, A. Judith, Kebutuhan Rohani Anak, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003
Sidjabat, B.S. Membesarkan Anak Dengan Kreatif. Yogyakarta: Andi, 2012.
Slameto, Generation Z and the Implication for Counseling, Salatiga: Universitas Satya Wacana Press, 2015
Solihin, Benny. 7 Langkah Khotbah yang Mengubah Kehidupan. Malang: Literatur SAAT, 2014.
Surya Putra S. Putra, Theoretical reviews: Teori Perbedaan Generasi, Jurnal Among Mikarti, Vol 9, No18, 2016
Suela, Kadek, Permainan Maze Untuk Mereduksi Perilaku Self Stimulation Pada Anak Autis, Surabaya: Unesa, 2015
Talebzadeh, Fatemah dan Mahmoud Samkan, Mahmoud, Happines for our kids in schools: A conseptual model, (Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 2011),1462–1471.
www.alkitab.sabda.org.
www.superbookindonesia.com
www. dpagbi. org/sites/index.php/berita-utama/60-rakernas-i-2018/588-kepu-tusan-rakernas-i-2018
www.biblestudytools.com/lexicons/greek/nas/paidion.html
Yelana ThomasYelana dan Srinivasan, R. Emerging Shifts in Learning Paradigms-From Millenials to the Digital Natives. International Journal of Applied Engineering Research, Vol 11, Num 5, 2016
Yuliati, T. Penginjilan Anak (Bahan Ajar, Surakarta: STT Gamaliel, 2014
DOI: https://doi.org/10.38052/gamaliel.v1i2.41
Article Metrics
Abstract view : 2579 timesPDF - 2954 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika
Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika
Based on a work at: http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/
Online ISSN: 2656-2367 Printed ISSN: 2656-2332
Jurnal Gamaliel © Published by Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel. All Rights Reserved.
Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.