PERAN SEKOLAH KRISTEN TERHADAP PENGARUH NEGATIF METAVERSE BAGI IDENTITAS DAN INTERAKSI SISWA

Hayma Elphis Bangngu, Dylmoon Hidayat

Abstract


Teknologi Metaverse yang berkembang pesat dalam dunia pendidikan membawa dampak positif maupun negatif. Sekolah Kristen harus menolong para siswa menyikapi secara alktabiah. Tujuan penelitian yaitu menjelaskan sikap sekolah Kristen terhadap kemajuan teknologi, dampak negatif Metaverse dan peran sekolah Kristen dalam menghadapi dampak negatif  Metaverse berbasis konsep penciptaan dan perjanjian dalam Akitab. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan kajian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metaverse dapat membantu siswa dan guru untuk menikmati pembelajaran yang menarik dan lebih modern dengan teknologi yang mumpuni, namun Metaverse pun dapat membawa siswa untuk mencintai identitas palsu yang dimiliki dalam dunia maya sehingga perlahan-lahan mulai membatasi diri dalam interaksi sosial secara nyata. Untuk itu, sekolah Kristen perlu mengajarkan konsep penciptaan dan perjanjian demi menolong siswa agar dapat menemukan identitasnya dihadapan Tuhan dan bertumbuh dalam iman kepada Kristus, serta berpegang pada firman Tuhan sebagai senjata iman dalam menghadapi dampak negatif dari setiap kemajuan teknologi yang akan datang.

Metaverse technology which is growing rapidly in the world of education has both positive and negative impacts. Christian schools must help students respond biblically. The research objective is to explain the attitude of Christian schools towards technological progress, the negative impacts of the Metaverse and the role of Christian schools in dealing with the negative impacts of the Metaverse based on the concepts of creation and covenants in the Bible. The research method used is a literature study with a descriptive study. The results of the study show that Metaverse can help students and teachers to enjoy interesting and more modern learning with capable technology, but Metaverse can also lead students to love fake identities they have in cyberspace so that they slowly begin to limit themselves in real social interactions. . For this reason, Christian schools need to teach the concepts of creation and covenant in order to help students find their identity before God and grow in faith in Christ, and hold on to God's word as a weapon of faith in facing the negative impacts of any future technological advances.


References


Basongan, Citraningsih. “Penggunaan Teknologi Menurut Iman Kristen Di Era Digital.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022): 4279–4287.

Boiliu, Esti Regina. “Dampak Metaverse Terhadap Pendidikan Agama Kristen.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 5, no. 2 (2022): 13–21.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.

Dyrness, William. Tema-Tema Dalam Teologi Perjanjian Lama. Malang: Penerbit Gandum, 2013.

Frame, John M. Teologi Sistematika : Sebuah Pengantar Kepercayaan Kristen. Bandung: Yayasan IOTA, 2019.

Indarta, Yose, Ambiyar Ambiyar, Agariadne Dwinggo Samala, and Ronal Watrianthos. “Metaverse: Tantangan Dan Peluang Dalam Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3351–3363.

Kolibu, Dirk R, and Stenly R Paparang. “Revolusi Pendidikan Kristen Di Era Industri 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13, no. 2 (2020): 108–119.

Kye, Bokyung, Nara Han, Eunji Kim, Yeonjeong Park, and Soyoung Jo. “Educational Applications of Metaverse: Possibilities and Limitations.” Journal of educational evaluation for health professions 18 (2021).

Lumintang, Stevri Indra. Misiologia Kontemporer Menuju Rekonstruksi Theologia Misi Yang Seutuhnya. Batu: Penerbit Departemen Multi-Media YPPII, 2009.

Merilyn, Merilyn. “Memaknai בָּלַל (Bȃlal) Dan פָּצַץ (Patsats) Kejadian 11:1-9 Dalam Konteks Multikultural Di Indonesia.” Satya Widya: Jurnal Studi Agama 1, no. 2 (December 2018): 127–138.

Nadeak, Erni Hanna, and Dylmoon Hidayat. “Karakteristik Pendidikan Yang Menebus Di Suatu Sekolah Kristen [The Characteristics of Redemptive Education in a Christian School].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (2017): 87–98.

Naugle, David K. WAWASAN DUNIA : Sejarah Sebuah Konsep (Sebuah Pandangan Kristen). Surabaya: Momentum, 2010.

Ottu, Erna Alinda Hendrika, and Reni Triposa. “Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Membentuk Karakter Siswa Kristen.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 219–241.

Palmer, Edwin H. Lima Pokok Calvinisme. Surabaya: Momentum, 2011.

Rospigliosi, Pericles ‘asher.’ “Metaverse or Simulacra? Roblox, Minecraft, Meta and the Turn to Virtual Reality for Education, Socialisation and Work.” Interactive Learning Environments. Taylor & Francis, 2022.

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 4, no. 1 (2022): 44–61.

Siringo-ringo, V. M. “BENTUK PERJANJIAN DALAM PERJANJAN LAMA Kata Kunci :” Pendidikan Religius 1 (2019): 27–31.

Suminar, Agustina. “Era Metaverse Jadi Tantangan Di Dunia Pendidikan.” Suarasurabaya.Net.

Telaumbanua, Deslinawati, Titik Haryani, and Asih Rachmani Endang Sumiwi. “Aplikasi Makna Pergaulan Menurut 1 Korintus 15: 33-34 Bagi Pemuda Kristen Masa Kini.” Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani 2, no. 1 (2022): 79–91.

Tung, Khoe Yao. Menuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini. . Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015.

Wolters, Albert M. Pemulihan Ciptaan. Surabaya: Momentum, 2010.

Wolterstorff, Nicholas P. Mendidik Untuk Kehidupan : Refleksi Mengenai Pengajaran Dan Pembelajaran Kristen. Surabaya: Penerbit Momentum, 2014.

Yunida, Ester. “PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP METAVERSE DAN APLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KRISTEN MASA KINI.” Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2022. http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/439.




DOI: https://doi.org/10.38052/gamaliel.v5i1.165

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

    

   

  

 

RJI Main
logo

 

 

 

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika
Based on a work at: http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/
Online ISSN: 2656-2367 Printed ISSN: 2656-2332

Jurnal Gamaliel © Published by Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel. All Rights Reserved.

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License