PEMURIDAN KONTEKSTUAL METODE HYBRID DALAM KONTEKS MAHASISWA
Abstract
Program Kampus Merdeka dan pandemi Covid-19 membuat tantangan jarak semakin menantang pelayanan pemuridan kontekstual di mahasiswa. Pemuridan kontekstual dengan metode online diusulkan untuk menjawab tantangan ini namun justru memunculkan masalah baru. Metode hybrid menyelesaikan tantangan jarak dengan sempurna karena menggabungkan metode online dan luring. Rasul Paulus merupakan teladan dalam memuridkan dalam area yang luas. Ia sanggup untuk menggabungkan pemuridan jarak jauh dan dekat. Penelitian ini hendak merancang sebuah model pemuridan dengan metode hybrid bagi mahasiswa dengan mengaplikasikan model pemuridan Paulus. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan pendekatan kualitatif dan paradigma fenomenologi. Penelitian ini menggumpulkan data dengan metode studi pustaka. Penelitian ini menghasilkan model pemuridan kontekstual metode hybrid.
The Kampus Merdeka program dan the Covid-19 pandemic make distance challenges even more challenging for contextual discipleship services for college students. Contextual discipleship with online method is proposed to answer this challenge but it raises a new problem. The hybrid method solves distance challenges perfectly as it combines online and offline methods. Paul, the apostle, is an example in making disciples in a wide area. He is able to combine far and close distance discipleship. This study aims to design a discipleship model with a hybrid method for college students by applying Paul's discipleship model. This research is applied research with a qualitative approach and a phenomenological paradigm. This research collects data by using literature study method. This research produce a hybrid method in contextual discipleship model.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmat Purba, Rudi M. S. “Pembentukan Kerohanian Mahasiswa Kristen Politeknik Tedc Bandung.” Jurnal TEDC 13, no. 1 (2019): 14.
Fuadi, Tuti Marjan, and Dian Aswita. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 5, no. 2 (2021): 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.
Gunning, J. J. W. Tafsiran Alkitab: Surat Galatia. Jakarta: Gunung Mulia, 2011.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Batu: Literasi Nusantara, 2020.
Haryono, Timotius, and Daniel Fajar Panuntun. “ANDIL PEMURIDAN KONTEKSTUAL YESUS KEPADA PETRUS YAKOBUS DAN YOHANES TERHADAP KETERBUKAAN KONSELING MAHASISWA PADA MASA KINI.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika (2019).
Haryono, Timotius, and Trifena Yuliati. Pemuridan Kontekstual: Contextual Bible Group. Surakarta: Yayasan Gamaliel, 2018.
Heath, Warren Stanley. Masih Ditantang Dan Masih Menantang. Bandung: Institut Alkitab Tiranus, 2005.
Kurniawati, Juliana, and Siti Baroroh. “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Jurnal Komunikator 8, no. 2 (2016): 1–16.
Lumintang, Stevri Indra, and Danik Astuti Lumintang. Theologia Penelitian Dan Penelitian Theologis. Geneva Insani Indonesia, 2016.
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, 2020.
Ogden, Greg. Transforming Discipleship. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2014.
Panuntun, Daniel Fajar, and Eunike Paramita. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai ( Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual ).” Gamaliel : Teologi praktika 1, no. 2 (2019): 104–115.
Pawson, David. Membuka Isi Alkitab: Perjanjian Baru. Jakarta: Immanuel, 2017.
Sasmita, Syahsapadya Agapeatama. “Strategi Pemuridan Ala Paulus.” In Pemuridan Digital-Bunga Rampai Perjuangan Pemuridan Di Masa Pandemi, 9–12. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2021.
Schnabel, Eckhard J. Rasul Paulus: Sang Misionaris. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.
Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era.” Fitrah:Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 141–157.
Slameto. Generation Z and The Implication for Counseling. Salatiga: Universitas Satya Wacana Press, 2015.
Thorne, Kaye. Blended Learning: How to Intergrate Online Learning and Traditional Learning. Kogan Page, 2003. http://books.google.com/books?id=xkBMgdG9up8C&pgis=1%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12971163.
Wilkinson, Bruce, and Kenneth Boa. Talk Thru The Bible. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2017.
Wulandari, Wahyu Respati. “Membangun Digital Intimacy Dalam Pemuridan.” In Pemuridan Digital-Bunga Rampai Perjuangan Pemuridan Di Masa Pandemi, 19–24. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2021.
Yanuar Surya Putra. “THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI.” Among Makarti 9, no. 18 (2016): 123–134.
Yemima, K. “Strategi Pemuridan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Era New Normal Pandemi Covid-19.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 2, no. 2 (September 2020): 68–81.
Yuliati. “PEMURIDAN ALKITABIAH MENURUT INJIL YOHANES UNTUK ANAK USIA DINI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 1–13.
DOI: https://doi.org/10.38052/gamaliel.v4i1.89
Article Metrics
Abstract view : 761 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 610 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika
Based on a work at: http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/
Online ISSN: 2656-2367 Printed ISSN: 2656-2332
Jurnal Gamaliel © Published by Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel. All Rights Reserved.
Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.