HUBUNGAN PEMBELAJARAN ALKITAB TERHADAP NILAI-NILAI HIDUP BERBANGSA DALAM PEMURIDAN KONTEKSTUAL (KELOMPOK TUMBUH BERSAMA KONTEKSTUAL)

Daniel Fajar Panuntun, Eunike Paramita

Abstract


ABSTRAK

Fenomena radikalisme merupakan suatu fenomena yang perlu mendapatkan perhatian serius di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang berdasarakan pancasila harus terus disosialisasikan kepada seluruh warga Indonesia. Agama Kristen juga harus aktif dalam mengajarkan pemahaman nilai-nilai kebangsaan. Salah satu peran aktif adalah melalui pemuridan kontekstual/KTBK yang didalamnya terdapat Pembelajaran Alkitab yang kontinu. Melalui penelitian ini diharapkan diketahui hubungan antara pembelajaran  Alkitab dalam pemuridan kontekstual terhadap pemahaman nilai-nilai hidup berbangsa.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling kepada mahasiwa aktif pelaku KTBK di Surakarta. Data yang didapatkan dianalisis dengan uji korelasi tunggal dan uji regresi tunggal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Alkitab dalam pemuridan kontekstual/KTBK memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan dengan koefisien Y= 25,17 + 0,522x.

 

Kata kunci : Pemuridan, Kontekstual, Yesus, Alkitab, Kebangsaan,


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M.Nur , “Eksistensi Nilai-Nilai Filosofi Kebansaan Dalam Kepemimpinan Nasional”, Jurnal Academica,Vol 1, 2009.

Basyari, Iin Wariin; “Menamamkan Identitas Kebangsaan Melalui Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal” Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Vol 1, No 2, 2013Rukiyati, et.al, Pendidikan Pancasila Yogyakarta: UNY Press, 2011

Budiyanto, Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga, 2006.

Dewirahmadanirwati, “meningkatkan karakter kebangsaan di kalangan mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan”, Vol 2, No 3, 2018.

Gani, Abdul et al, “Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Sikap Kebangsaan pada Pembelajaran PKn”, Jurnal Studi Sosial, Vol 1, No 3, 2013.

Haryono, T. dan Daniel Fajar Panuntun, “Andil Pemuridan Kontekstual Yesus Kepada Petrus Yakobus Dan Yohanes Terhadap Keterbukaan Konseling Mahasiswa Pada Masa Kini”, Jurnal Gamaliel:Teologi Praktika, Vol 1, No 1, 2019.

Haryono, T. dan Yuliati, Pemuridan Kontekstual : Contextual Bible Group. Surakarta, Yayasan Gamaliel, 2018.

Hiariej, Eric;”Aksi dan Identitas Kolektif Gerakan Islam Radikal di Indonesia”, Jurnal Ilmu sosial dan Ilmu politik, Vol 14, No2, 2010.

Hull, Bill; Panduan Lengkap Pemuridan “Menjadi dan Menjadikan Murid Kristus” Yogyakarta, Yayasan Gloria, 2011.Kemdikbud, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan karakter. Jakarta:Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, 2011.

Lumintang, Stevri Indra dan Danik Astuti Lumintang, Theologia penelitian dan Penelitian Theologis science-ascience serta metodologinya, Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016.

Murdiono,Mukhamad et al, “The Education Of The National Character Of Pancasila In Secondary School Based On Pesantren”, Jurnal Cakrawala Indonesia, Vol 37, No 3, 2017.

Putman, Jim; dan Bobby Harington, Discipleshift : Lima Perubahan yang Menolong Gereja Anda Membuat Murid yang Menghasilkan Murid, Yogyakarta : Yayasan Gloria, 2016.

Randi, Andi; “Mempelajari Firman Tuhan (secara khusus)” diakses 30 Mei 2019, 18.54 WIB, https://www.kompasiana.com/andy_randy80/55006858a33311597351097e/mempelajari-firman-tuhan-alkitab-secara-khusus

Rugani, Johani , “Pendidikan Kebangsaan dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Jurnal Equilibrium. Vol IV, No 2, 2016.

Rukiyati, et.al, Pendidikan Pancasila , Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Said, Hasani Ahmad dan Fatthuraman Rauf, “Radikalisme Agama dalam Perspektif Hukum Islam”,Jurnal Al’ADALAH, Vol XII, No 3, 2015.

Scoot, Morton; Pemuridan untuki semua orang, Surabaya, Literatur Perkantas, 2011.

Selan, Ruth; Pembinaan Warga Gereja, Bandung: Kalam Hidup, 1998.

Sutherland dan Hartman, Pedoman Pemuridan. Bandung: Kalam Hidup, 1976.

R, William Yount; Research Deseign and Statistical Analysis in Christian Ministry. Fort Worth: Southwestern Baptis Teological Swminary, 1999

Tindaon, Septiana; “Perlindungan atas Imigran Rohingnya dalam Pelanggaran HAM Berat di Myanmar dari Aspek Hukum Internasional dan Hukum Nasional”, Sumatra Journal of International Law, Vol 1, no 2, 2013.

Tombuku, Alki; ”10 manfaat mempelajari Alkitab” diakses 30 Mei 2019, 18.37 WIB, https://www.kristenalkitabiah.com/manfaat-mempelajari-alkitab/.

Umar, Ahmad Rizky Mardhatillah, ”Melacak Akar Radikalisme Islam di Indonesia”, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol 14, No2, 2010.

Wawancara dengan Pakar: Pembina PMK dan PAG Surakarta

Widiantari, Dian , “Core Ethical Values Pendidikan Karakter”, Jurnal Misykat, Vol 2, No 2, 2017.

Widiyanto, Mikha Agus , Statistika: Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan, Agama Kristen, dan Pelayanan Gereja. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Yuliati dan Kezia Yemima, “Model Pemuridan Konseling Bagi Alumnus Perguruan Tinggi Lulusan Baru (Fresh Graduate) Yang Mengingkari Panggilan Pelayanan.” Jurnal Gamaliel:Teologi Praktika, Vol 1, No 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.38052/gamaliel.v1i2.30

Article Metrics

Abstract view : 3383 times
PDF - 3229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika



    

   

  

 

RJI Main
logo

 

 

 

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika
Based on a work at: http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/
Online ISSN: 2656-2367 Printed ISSN: 2656-2332

Jurnal Gamaliel © Published by Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel. All Rights Reserved.

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License