STRATEGI PEMURIDAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

Kezia Yemima

Abstract


ABSTRAK – Pandemi Covid-19 berdampak pada Sekolah Tinggi Teologi (STT). Kegiatan pendidikan, persekutuan maupun kegiatan yang melibatkan banyak mahasiswa dan menimbulkan kerumunan harus dibatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pemuridan bagi mahasiswa di sekolah tinggi teologi yang tepat, alkitabiah, dan kontekstual pada era New Normal pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian teologia sistematika kualitatif yaitu metode induktif. Strategi pemuridan mahasiswa teologi yang dihasilkan, yaitu: pertama, para dosen perlu hadir dalam kehidupan mahasiswa yang dilayani menggunakan berbagai media Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) dan menyampaikan Kabar Baik dengan sederhana, jelas, sikap yang benar, terbuka, dan gigih menggunakan setiap kesempatan untuk memberitakan kabar baik sampai dapat diterima. Kedua, dosen menggabungkan para mahasiswa yang dilayani dalam Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual (KTBK) yang memiliki kegiatan secara online dan offline. Ketiga, dosen memperlengkapi para mahasiswa melalui pelatihan-pelatihan pelayanan yang dilakukan dengan bantuan TIK. Keempat, pelayan mengutus para mahasiswa untuk bermultiplikasi dengan melakukan hal yang sama melalui pengurapan Roh Kudus.

 

ABSTRACT Covid-19 Pandemic has an impact on theological colleges. Teaching activities, Fellowship activities and activities that involve many student dan cause crowds must be limited. The purpose of this studied was to formulate appropriate, biblical, and contextual discipleship strategies in theological colleges during the New Normal Covid-19 pandemic era. This studied used qualitative systematic theological research methods, namely the inductive method. The resulting discipleship strategies are: first, the lecturer need to be present in the lives of students who are served using various ICT media and deliver the good news with a simple, clear, right attitude, open and persistent use every opportunity to preach the good news until it can be accepted. Second, the lecturer combine students who are served in the Contextual Bible Group who have online and offline activities. Third, the lecturer equip students through service training conducted with the help of ICT. Fourth, the Lecturer sent students to multiply by doing the same thing through the anointing of the Holy Spirit.

 


References


REFERENSI

Dempsey, Rod. “What Is God’s Will for My Life? Disciple!” In Innovate Church. Nashville: B & H Academic, 2008.

Dewi, Retia Kartika. “100 Dokter Meninggal Karena Covid-19, Apa Penyebabnya?” Kompas.Com. Last modified 2020. Accessed September 2, 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/31/191500565/100-dokter-meninggal-karena-covid-19-apa-penyebabnya-?page=all.

Haryono, Timotius, and Daniel Fajar Panuntun. “ANDIL PEMURIDAN KONTEKSTUAL YESUS KEPADA PETRUS YAKOBUS DAN YOHANES TERHADAP KETERBUKAAN KONSELING MAHASISWA PADA MASA KINI.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika (2019).

Haryono, Timotius, and Trifena Yuliati. Pemuridan Kontekstual: Contextual Bible Group. Surakarta: Yayasan Gamaliel, 2018.

Heath, Stanley. Penginjialn Dan Pelayanan Pribadi. Surabaya: YAKIN, 1979.

Hull, BIll. Choose The Life. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2004.

———. Panduan Lengkap Pemuridan. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2014.

Kamil, Irfan. “UPDATE 1 September: Kasus Suspek Covid-19 Tembus 80.675 Orang.” Kompas.Com. Last modified 2020. Accessed September 2, 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/01/15282601/update-1-september-kasus-suspek-covid-19-tembus-80675-orang.

Kemendikbud RI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020.

Kementerian kesehatan Republik Indonesia. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19.” Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19 (2020): 0–115.

Lumintang, Stevri Indra, and Danik Astuti Lumintang. Theologia Penelitian Dan Penelitian Theologis. Geneva Insani Indonesia, 2016.

Mendikbud. “SE Menteri Nomor 4 Tahun 2020.” Jakarta: Kemendikbud, 2020.

Mona, Nailul. “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia).” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 2, no. 2 (2020): 117–125.

Panuntun, Daniel Fajar, and Eunike Paramita. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai ( Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual ).” Gamaliel : Teologi praktika 1, no. 2 (2019): 104–115.

Pratiwi, E W. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (2020): 1–8.

Purba, Asmat. “Pemuridan Sebagai Tugas Dosen Pendidikan Agama Kristen Di Perguruan Tinggi.” TEDC 8, no. 1 (2014): 68–73.

Putman, Jim, Bobby Harrington, and Robert E Coleman. DiscipleShift: Five Steps That Help Your Church to Make Disciples Who Make Disciples. Exponential Series. California: Zondervan, 2013.

Sarumaha, Nurnilam, and Novie Deisy Pasuhuk. “Strategi Membangun Karakter Peduli Sesama Di Kalangan Mahasiswa Teologi Berdasarkan Filipi 2 : 1-8.” Teruna Bhakti 2, no. 2 (2020): 133–145.

Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Jurnal Humaniora 16, no. 2 (2016): 1–7.

Shipman, Michael. Amanat Agung Asli Rahasia Memuridkan Dunia Kini. Rahayu Group, 2014.

Sisrazeni. “Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 IAIN Batusangkar.” 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue Batusangkar, (2017): 12.

Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (2020).

Tomatala, Y. Penginjilan Masa Kini 1. Malang: Gandum Mas, 1998.

Wagiran. Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

World Health Organization. “Q&A on Coronaviruses (COVID-19).” Who, 2020.




DOI: https://doi.org/10.38052/gamaliel.v2i2.56

Article Metrics

Abstract view : 1036 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

    

   

  

 

RJI Main
logo

 

 

 

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika
Based on a work at: http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/
Online ISSN: 2656-2367 Printed ISSN: 2656-2332

Jurnal Gamaliel © Published by Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel. All Rights Reserved.

Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License